Dampak negatif kurang tidur

Kurang  tidur sebenarnya merupakan masalah yang sangat serius karena selain berbahaya bagi kesehatan juga berdampak kepada aktifitas kita sehari-hari, akan tetapi kebanyakan orang kadang mengabaikannya karena menganggapnya suatu yang biasa. Masalah kurang tidur biasanya dialami oleh orang yang mengalami tekanan psikis yang disebabkan karena masalah yang dialaminya,  selain itu masalah kurang  tidur  juga disebabkan karena kebiasaan yang buruk seperti membiasakan diri begadang tiap malam hanya untuk bermain game, menonoton TV, dan ngobrol dengan teman.

Dampak negatif kurang tidur

Berikut beberapa dampak negatif kurang tidur:
  • Obesitas,  mungkin kita tau bahwa obesitas disebabkan oleh terlalu banyak makan terutama makanan yang berlemak dan manis, akan tetapi taukah anda bahwa ternyata selain itu obesitas juga dapat disebabkan karena kurang tidur yang berakibat pada pola makan kita yang tidak teratur. 
  • Memicu Diabetes,  Dalam rangkaian penelitian di tahun 2012 lalu, para peneliti menemukan bahwa ada hubungan antara peningkatan penyakit diabetes dengan kurang tidur.  kurang tidur ternyata juga dapat  mengganggu kerja kelenjar adrenal untuk memproduksi dehidro-epiandrosteron yang merupakan senyawa yang diperlukan untuk merangsang tidur nyenyak.  Hal tersebut  akan  memicu tubuh kita lebih banyak menghasilkan kortisol yang berperan dalam meningkatkan stres. Kondisi kurang tidur yang terjadi pada seseorang tersebut akan mengacaukan sistem respons tubuh kita  terhadap hormon insulin yang memiliki peran untuk menyalurkan gula darah ke seluruh tubuh. 
  • Lebih beresiko tinggi terkena penyakit kanker, Kurangnya waktu  tidur diketahui dapat menyebabkan penyakit kanker  hal ini disebabkan karena terganggunya hormonal dan metabolisme tubuh. 
  • Osteoporosis, Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 lalu ditemukan bahwa orang yang kurang tidur beresiko mengalami osteoporosis, hal ini disebabkan karena kurangnya kepadatan tulang saat kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. 
  • Penyakit jantung, penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang cukup mematikan dan dapat menimpa siapa saja bahkan untuk orang yang relatif muda, dan yang paling mengejutkan bahwa salah satu pemicu penyakit jantung adalah kurangnya porsi tidur yang cukup, setidaknya kita membutuhkan waktu tidur 6 sampai 7 jam perhari untuk menurunkan resiko penyakit jantung.
Di atas adalah beberapa penyakit yang  dapat ditimbulkan dari kurag tidur, tapi disamping penyakit yang dapat ditimbulkan di atas ternyata ada dampak negative lain dari kurang tidur diantaranya:
  • Menurunnya konsentrasi, saat kita tidur maka seluruh anggota tubuh kita akan beristirahat dan berhenti melakukan aktifitas tidak terkecuali otak kita, jadi saat kita begadang maka otak kita akan terus bekerja yang seharusnya istirahat, hal ini akan menyebabkan berkurangnya konsentrasi kita dipagi harinya. 
  • Menurunnya kondisi tubuh, hal ini disebabkan karena kurangnnya waktu istirahat kita, karena tidur merupakan istirahat terbaik setelah kita melakukan aktifitas sehari-hari, kurangnya tidur  akan menyebabkan badan menjadi lemas dan kurang bersemangat yang pastinya akan mengganggu aktifitas anda. 
  • Insomnia, insomnia adalah suatu kondisi dimana kita mengalami sulit untuk tidur.  Salah satu pemicu insomnia adalah kurangnya waktu tidur dan kacaunya jadwal tidur kita, oleh sebab itu apabila orang yang sudah terbiasa tidur larut malam  maka akan susah untuk tidur di awal malam, karena tidak sesuai dengan jadwal tidurnya. 
  • Malas, kurang tidur akan memicu kita untuk bangun lebih siang, hal ini tentunya selain berakibat buruk bagi kesehatan juga akan menyebabkan kita menjadi lebih malas dan terbengkalainya beberapa kewajiban kita seperti sholat dan datang di tempat kerja tepat waktu.
Kesehatan merupakan amanah dari Allah Subhanahu wata’ala yang harus kita jaga, oleh sebab itu kita tidak boleh mengabaikan bahaya kurang tidur. Setelah kita tau begitu banyaknya dampak negatif  kurang tidur maka sudah sepatutnya kita untuk meninggalkan kebiasaan begadang yang tidak ada manfaatnya, tentunya kesehatan kita jauh lebih penting dari pada kesenangan yang kita dapatkan saat begadang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak negatif kurang tidur"

Posting Komentar