Tips mempertahankan kepadatan tulang

Osteoporosis atau tulang keropos memang salah satu penyakit yang lazimnya dialami oleh lansia. osteoporosis dapat dicegah apabila kita memperhatikan hal-hal yang dapat merusak kepadatan tulang kita, mulai dari pola makan yang buruk ataupun kebiasaan yang buruk. Menambah asupan makanan yang sehat dan olahraga yang teratur adalah salah satu cara untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah dari osteoporosis, selain  olahraga dan asupan makanan yang sehat berikut ada beberapa tips mempertahankan kepadatan tulang yang mungkin bisa anda terapkan:

Tips mempertahankan kepadatan tulang

  • Perbanyak asupan kalsium dan vitamin D, anda bisa mendapatkannya dari makanan yang kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium. Berikut beberapa makanan yang mengandung kalsium yang tinggi:
  1. Susu, kita tau dari dulu bahwa susu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi dan baik untuk tulang anda. 
  2. Telur, telur adalah salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang bisa anda dapatkan dengan mudah dan juga murah.
  3. Kacang-kacangan dan biji-bijian, semua jenis  kacang-kacangan memiliki kandungan Vitamin D yang cukup tinggi dan tentunya sangat baik untuk tulang anda
  4. Daging, selain kandungan proteinnya yang tinggi daging juga memiliki kandungan kalsium yang dapat mempertahankan kepadatan tulang anda.
  5. Keju, hampir sama dengan susu keju juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan baik untuk tulang anda. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai makanan seperti kue.
  • Olahraga yang cukup, olahraga memang sangat baik bagi kesehatan dan tidak terhitung manfaatnya, baca Manfaat olahraga bagi tubuh kita, salah satunya untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. anda dapat memilih beberapa olahraga yang dapat mempertahankan dan menambah kepadatan tulang, Seperti push up, lari, atau hanya sekedar berjalan. Jika anda memiliki hobi olahraga itu sangat bagus karena anda akan menikmati saat berolahraga dan anda tidak akan merasa berat untuk melakukannya. 
  • Hindari minuman bersoda, minuman bersoda sangat tidak baik bagi kesehatan anda tidak terkecuali bagi tulang, karena minuman bersoda mengandung asam fosfat . asam fosfat diidentifikasi dapat melarutkan kalsium pada tulang yang berakibat pada pengeroposan tulang
  • Hindari rokok  setiap ahli kesehatan ataupun dokter pasti akan menganjurkan anda untuk menghindari rokok, karena memang rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tidak terkecuali bagi tulang anda. Nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan pengeroposan tulang.
  • Perahatikan saat anda mengangkat beban berat, yang harus anda perhatikan saat mengangkat beban berat adalah: jangan pernah mengangkat beban berat di punggung, saat anda mengangkat beban yang di bawah usahakan untuk menekuk lutut anda untuk mengangkat beban, bukan merundukkan badan atau menekuk punggung, hal ini untuk mencegah cidera dan pastinya tidak membahaykan tulang anda.
  • Istirahat yang cukup, istirahat yang cukup merupakan faktor yang sangat penting bagi kesehatan anda, kurangnya istirahat bisa sangat berbahaya bagi kesehatan anda, baca Dampak negatif kurang tidur
  • Hindari minuman yang mengandung kafein , karena kafein dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Anda harus menghindari minuman seperti kopi secara berlebihan Jika anda tidak dapat menghindarinya paling tidak anda dapat menguranginya.
  • Tinggalkan minuman ber alkohol, Selain haram minuman ber alkohol sangat buruk bagi kesehatan anda. Minuman ber alkohol dapat mengurangi kepadatan tulang akibat pengeroposan.
Demikian beberapa tips dan cara untuk menjaga kesehatan tulanga anda. Jika anda tidak mau mengalami osteoporosis saat tua nanti mulailah kebiasaan yang sehat mulai dari sekarang. Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Semoga beberapa tips mempertahankan kepadatan tulang di atas dapat bermanfaat.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips mempertahankan kepadatan tulang "

Posting Komentar