Mengatasi susah tidur


Susah tidur merupakan masalah yang sangat serius, banyak penyakit yang bisa timbul karena kurangnya tidur, selain itu susah tidur atau insomnia juga sangat menyiksa karena membuat penderitanya terjaga sepanjang malam, kebanyakan penderitanya disebabkan karena stres atau kebiasaan buruk yang biasa dilakukan seperti merokok, begadang setiap malam, nonton tv hingga larut malam dsb. Ada berbagai cara yang sering dilakukan orang untuk mengatasi susah tidur ini, akan tetapi sebagian dari cara yang digunakan merupakan cara yang tidak aman, seperti meminum obat tidur atau obat-obatan yang lain yang tentunya tidak baik bagi kesehatan. 

Mengatasi susah tidur
Mengatasi susah tidur



Berikut beberapa tips untuk mengatasi susah tidur yang aman:

  1. Berdo’a sebelum tidur, berdo’a merupakan kebiasaan yang sangat baik dilakukan bagi umat yang beragama, kenapa berdo’a? Karena kebanyakan orang susah tidur disebabkan masalah yang sedang dihadapinya, jadi dengan berdo’a maka orang tersebut akan merasa lebih tenang. 
  2. Hindari banyak minum kopi, kita tau dari dulu bahwa kopi dapat menyebabkan sulit tidur, hal ini disebabkan karena kandunagn kafein yang terdapat dalam kopi 
  3. Melakukan olahraga secara rutin, olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dengan berolahraga maka tubuh anda akan terasa fit dan bergairah, selain itu olahraga juga dapat mengurangi tingkat stres dan membuat anda selalu berfikir positif yang tentunya ini akan memudahkan anda untuk tertidur karena penyebab utama susah tidur adalah stres, usahakan anda melakukannya pada pagi hari dengan rutin.
  4. Usahakan hindari menonton tv sebelum tidur, karena biasanya tayangan yang ada pada tv akan selalu teringat di pikiran anda saat tidur dan akan mengganggu tidur anda. 
  5. Perbanyak makan buah dan sayur, buah sangat baik bagi kesehatan  dan untuk membuang toxin dalam tubuh, jika anda tidak terlalu suka dengan sayur maka anda dapat mengolahnya menjadi masakan yang anda suka tanpa harus mengurangi manfaatnya 
  6. Biasakan minum madu, manfaat madu memang sudah tidak diragukan lagi, selain dapat mengobati berbagai macam penyakit madu ternyata juga memudahkan anda untuk tertidur karena madu dapat menenangkan syaraf. 
  7. Hindari rokok, kita tau bahwa merokok sangat tidak baik bagi kesehatan dan merupakan salah satu sumber penyakit, anda harus meninggalkannya 100% atau paling tidak anda bisa menguranginnya  
  8. Jangan memikirkan masalah yang sedang anda hadapi menjelang tidur, pengalaman saya saat saya memikirkan masalah yang sedang saya hadapi atau tugas yang belum saya selesaikan  menjelang tidur maka yang ada maslah tersebut tidak terselesaikan malah akan membuat kita semakin susah tidur 
  9. Buat tempat tidur anda senyaman mungkin, dengan tempat tidur yang nyaman dan bersih maka akan membuat anda lebih rileks dan mudah untuk tertidur. 
  10. Hindari begadang, begadang merupakan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan anda, selain itu jika anda sering melakukannya maka biasanya anda akan sulit untuk tidur karena anda sudah terbiasa tidur larut malam, selain itu begadang juga akan mengacaukan jadwal tidur anda. 
  11. Matikan lampu kamar anda, biasanya saat lampu kamar menyala maka akan membuat kita kesulitan untuk memejamkan mata karena kita masih dapat melihat dengan jelas hal-hal disekitar kita, mematikan lampu kamar selain akan membuat anda lebih rileks juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.
Demikian beberapa tips untuk mengatasi susah tidur , cara diatas merupakan cara yang alami dan aman untuk membuat anda tertidur pulas (insya Alloh), akan tetapi mungkin juga membutuhkan waktu, tidak seperti cara instan yang langsung bekerja akan tetapi memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Mengatasi susah tidur "

  1. sangat bermanfaat infonya, susah tidur memang masalah yang sangat serius apabila tidak cepat-cepat diatasi bisa bahay.

    BalasHapus
  2. Informasi dan tips yang bermanfaat kawan... mau menambahkan sedikit mungkin bisa juga dengan mendengarkan musik relaxing atau musik klasik sebelum tidur dapat membuat pikiran menjedi rilex... Semoga sukses selalu kawan :)

    BalasHapus
  3. Sampe skrng msh susah tidur

    BalasHapus