Makanan yang mengandung mineral penting




Makanan yang mengandung nineral penting - Kebanyakan dari kita mungkin tidak memenuhi kebutuhan mineral harian  yang disarankan, padahal kita tau bahwa mineral sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Mineral sangat dibutuhkan tubuh kita sebagai pembentukan darah dan tulang dan menjaga fungsi saraf yang sehat, Tanpa adanya mineral, vitamin dan enzim tidak dapat melaksanakan fungsi yang diperlukan oleh  tubuh, mineral bekerja mengkombinasikan nutrisi yang satu dengan yang lainnya. Ketidak seimbangan dan kurangnya mineral akan menyebabkan berbagai  gangguan kesehatan, selain itu terlalu banyaknya mineral juga akan menjadi racun dalam tubuh.  Mineral bisa kita dapatkan melalui makanan yang kita konsumsi karena tubuh kita tidak dapat dengan sendirinya menghasilkannya, oleh sebab itu anda harus memperhatikan beberapa makanan yang mengandung mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

 Makanan yang mengandung mineral penting 










  • Kalsium, kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kepadatan tulang dan membuat tulang menjadi keras. Kalsium merupakan unsur pembentuk tulang dan merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting. Beberapa makanan yang mengandung kalsium diantaranya: susu, daging, tulang ikan dan jeruk. 

  • Kalium, kalium merupakan mineral utama, dan regulator utama cairan di dalam sel.  Kalium juga  sangat penting untuk transmisi impuls saraf, kontraksi otot dan pemeliharaan tekanan darah dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung kalium diantaranya seperti: Kentang, sayuran yang berwarna hijau, alpukat, dan buah-buahan  segar seperti pisang dan apel. 

  • Magnesium, magmesium  berperan penting untuk mempertahankan kedua keseimbangan asam-basa dalam tubuh dan memperkuat fungsi saraf dan otot termasuk jantung. Selain itu magnesium juga berperan mengaktifkan enzim untuk metabolisme gula darah, protein dan karbohidrat. Magnesium juga sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang tepat dan tidak langsung berhubungan dengan penyerapan kalsium yang memadai.    Beberapa makanan yang mengandung magnesium adalah: Biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, kedelai, dan air mineral. 

  • Yodium, Yodium sangat penting dan diperlukan tubuh untuk perkembangan dan fungsi dari kelenjar tiroid, dan kekurangan yodium dapat menyebabkan pembesaran kelenjar. Kekurangan yodium selama masa kehamilan juga dapat menyebabkan kelainan pada perkembangan otak dan pertumbuhan anak. Garam beryodium adalah Sumber kalium yang mudah untuk kita dapatkan, selain itu beberapa makanan seperti rumput laut dan yogurt juga merupakan sumber yodium yang baik. 

  • Zink, Zinc bereperan untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh, sintesis protein normal, dan kesehatan organ reproduksi (terutama untuk pria). Beberapa makanan yang mengandung zink diantaranya adalah: Daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, biji labu, jamur dan ragi. 

  • Floride  sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang. Floride juga membantu dalam pmembentukan enamel keras yang melindungi gigi dari pembusukan dan gigi berlubang teh dan galatin merupakan sumber flouride.

Demikian beberapa jenis dan makanan yang mengandung mineral penting yang mungkin perlu untuk kita ketahui. Mulailah memenuhi kebutuhan mineral harian anda untuk mendapatkan tubuh sehat dan tulang yang kuat. Baca juga makanan yang mengandung tinggi asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang mengandung mineral penting"

Posting Komentar