Cara terbaik mengobati penyakit was-was

Cara terbaik mengobati penyakit  was-was
mengobati penyakit  was-was
Penyakit was-was atau bisa juga disebut penyakit ragu-ragu, biasanya disebabkan apabila seseorang  kurang yakin dengan apa yang sudah dia lakukan. Untuk mengobati  penyakit was-was memang bukanlah perkara yang mudah, mengingat  hal tersebut terjadi akibat faktor internal dari si penderita. Secara umum penyakit ini dibagi menjadi dua  ya itu:

Yang pertama  was-was karena ragu-ragu dengan apa yang sudah kita lakukan. Contoh kasus: kita sudah melakukan sholat isya’ di Masjid, setelah itu karena saking capeknya kita langsung tidur, kemudian setelah bangun sekitar jam 24.00 kita ragu-ragu apakah tadi sudah mengerjakan sholat atau belum.  Penyakit Was-was jenis ini mungkin lebih mendekati lupa, dan lupa secara umum wajar dialami seseorang, akan tetapi jika ini sering terjadi dan pikiran kita tidak dapat menentukan kebenaran dari keduanya maka ini bisa dikatakan tidak wajar dan memerlukan penanganan.

Dan yang ke dua adalah penyakit was-was karena perasaan “khawatir”. Contoh khasus:  kita mau pergi berlibur dengan mengendarai mobil, kita sudah mempersiapkan segala keamanan mobil yang akan kita kendarai mulai dari mengecek mesin sampai tekanan ban, dan kita pun juga sudah menyewa supir yang sudah berpengalaman dalam hal mengemudi, akan tetapi kita masih ada perasaan was-was akan keselamatan kita di jalan nanti.  Biasanya perasaan  was-was seperti ini bisa terjadi akibat kurangnya  tawakal kita kepada Allah, kemudian bisa jadi karena kurangnya kepercayaan kita diri dengan apa yang sudah kita usahakan.
Penyakit ini memang bukanlah penyakit yang berbahaya secara fisik, akan tetapi penyakit ini biasanya cukup mempengaruhin perilaku ataupun sikap seseorang, oleh karenanya kita tidak boleh untuk mengabaikannya.  

Untuk mengobati  penyakit was-was tidaklah membutuhkan obat-obatan selayaknya penyakit yang menimpa badan kita, penyakit ini hanyalah membutuhkan ketenangan pikiran dan kedamaian batin atau inner peace.  Berikut  Beberapa  Cara terbaik mengobati penyakit  was-was:
  • Cara mengobati  penyakit  was-was yang pertama adalah dengan membaca surat An-Nas. Salah satu yang menyebabkan anda selalu dihantui perasaan was-was adalah bisikan syaitan, oleh sebab itulah surat An-Nas merupakan salah satu obat yang mujarap untuk mengobati penyakit was-was, di dalam surat An-nas ayat ke empat berbunyai  “Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi”

  • Dengan berdo’a, berdo’a adalah cara yang sangat mujarap untuk menenangkan pikiran anda pada saat anda mengalami masalah atau sedang  mengalami perasaan was-was, berdo’a akan memberikan kita ketenangan dan juga ketentraman dalam hati. Dengan kita memanjatkan do’a dan mendekatkan diri kepada Allah maka hati kita akan lebih tenang  dan yakin dengan apa yang kita lakukan.

  • Selalu berfikir positif,  Islam selalu menganjurkan kita untuk selalu berfikir positif atau “Husnudhon”. Pikiran yang positif selalu memberikan dampak yang positif pula, dengan anda selalu berfikir positif maka anda insya Allah akan terhindar dari penyakit was-was.

  • Saat anda ragu-ragu apakah anda sudah melakukan atau belum melakukan sesuatu maka pilihlah yang paling kuat yang ada di dalam pikiran anda, mana yang paling mendominasi antara yang belum dan yang sudah.  

  • Tawakal, perasaan was-was biasanya juga bisa muncul saat lemahnya keyakinan seseorang terhadap apa yang sudah kita lakukan, kita hanya bisa berusaha akan tetapi Allah lah yang menentukan.
Perasaan was-was memang adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh faktor internal atau dalam diri si penderita, oleh karena itu cara yang paling baik untuk mengobati  penyakit  was-was adalah dengan cara si penderita mencoba untuk menghilangkan sendiri perasaan tersebut dari dalam dirinya.

Demikian beberapa Cara terbaik mengobati penyakit  was-was yang bisa saya bagi, apabila ada kekurangan ataupun beberapa hal yang perlu ditambahkan silahkan untuk meninggalkan komentar pada kotak komentar.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara terbaik mengobati penyakit was-was"

  1. Thanks,
    Informasinya Sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Kalo was was berlebihan sampai tidak bisa tidur gmn solusinya?

    BalasHapus