Jenis dan kandungan minyak zaitun



Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari buah  zaitun yang di extraksi.  Manfaat Minyak zaitun sangat banyak dan luarbiasa bagi kesehatan, dan  merupakan salah satu obat yang sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, biasanya minyak zaitun dikonsumsi oleh masyarakat  mediterania sebagai obat ataupun sebagai pencegahan terhadap berbagai macam penyakit.  Minyak zaitun memiliki berbagai macam jenis yang digolongkan berdasarkan kualitas dan proses memperolehnya. Berikut beberapa  Jenis minyak zaitun
Jenis dan kandungan minyak zaitun
  • Extra Virgin Olive Oil, Minyak zaitun extra virgin merupakan hasil ekstraksi pertama dari buah Zaitun. Jenis ini merupakan minyak zaitun yang memiliki kualitas terbaik diantara yang lain, minyak zaitun jenis Extra Virgin  umumnya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan minyak zaitun jenis yang lain.

  • Virgin Olive Oil, minyak zaitun jenis Virgin Olive Oil memilki kualitas tertinggi ke dua setelah Extra Virgin, minyak zaitun jenis ini memiliki tingkat keasaman yang  relatif rendah,  tingkat keasamannya kira-kira 0,225 persen.
    jenis ini biasanya memiliki warna
    kuning pucat hingga hijau terang.

  • Pure Olive Oil, dari namanya mungkin kita akan menyangka bahwa minyak zaitun jenis ini merupakan jenis terbaik, padahal sebenarnya minyak zaitun jenis ini sudah melalui beberapa ekstraksi dan tentunya kualitasnya tidak setinggi minyak zaitun jenis exstra virgin dan virgin.

  • Light Olive Oil, merupakan jenis minyak zaitun yang kurang begitu bagus dan memiliki kualitas yang rendah, minyak zaitun jenis ini memiliki tingkat keasamaan yang cukup tinggi. minyak zaitun jenis Light Olive Oil  sudah melalui beberapa proses kimia sehingga menurunkan kualitasnya dan kurang layak untuk dikonsumsi. untuk membuatnya terlihat seperti virgin olive oil dari sisi rasa dan warna biasanya minyak zaitun jenis ini diberikan beberapa campuran dari  jenis Virgin ataupun
    Extra Virgin
Kandungan minyak zaitun
  • Minyak zaitun mengandung  antioxidan seperti Vitimin E, karotenoid dan senyawa fenolik yang juga membuat kita memiliki  umur panjang.
  • Minyak zaitun memiliki sebagian besar vitamin A, D, dan K, serta vitamin E, yang merupakan sumber utama protein yang dibutuhkan dalam menangkal radikal bebas.
  • Minyak zaitun juga mengandung Asam lemak Omega 3 dan  asam Linoleat yang sangat baik untuk kesehatan.
  • Mengandung beberapa mineral penting  seperti kalsium, potassium dan zati besi  walaupun tidak dalam jumlah yang begitu besar.
  • Polifenol, ini adalah salah satu kandungan tertinggi yang dimiliki oleh minyak zaitun. Polifenol berperan sebagai antioxidant yang melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung, jadi  dengan anda mengkonsumsi minyak zaitun dapat memperkecil resiko penyakit Jantung
Demikian pembahasan mengenai jenis dan kandungan minyak zaitun, semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi  pembaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis dan kandungan minyak zaitun"

Posting Komentar