Manfaat dan khasiat jamur

Jamur merupakan tanaman yang sering kita jumpai, karena jamur dapat tumbuh di mana saja.  biasanya jamur tumbuh pada tempat-tempat yang lembab  dan kayu yang sudah lapuk.  jamur adalah salah satu tumbuhan yang memiliki siklus hidup yang sangat singkat. Dulu jamur dikenal oleh masyarakat merupakan tanaman yang beracun dan sangat dihindari, akan tetapi seiring perkembangan zaman masyarakat mulai tau bahwa tidak semua jamur beracun dan bahkan jamur memiliki manfaat dan khasiat bagin kesehatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit, walaupun kita juga harus berhati-hati dalam memilih jamur mana yang bisa kita konsumsi dan yang beracun.
Manfaat dan khasiat jamur

Saat ini banyak budidaya jamur yang mulai dikembangkan dan  sudah banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan jamur sebagai menu utamanya. Selain itu jamur sangat mudah dibudidayakan dan harganya pun juga masih terjangkau, ini adalah salah satu yang membuat jamur semakin digemari oleh masyarakat kita. Jamur bisa dibuat menjadi berbagai olahan yang lezat seperti tumis jamur dan sup jamur.  Selain rasanya yang lezat jamur memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan karena nilai gizinya yang cukup lengkap.  Selain itu Jamur diketahui sudah dikonsumsi oleh bangsa-bangsa kuno seperti bangsa mesir, Cina dan Yunani berabad-abad yang lalu. Mereka meyakini bahwa jamur memiliki banyak manfaat dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jamur juga dapat dijadikan sebagai alternative obat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti kanker, tumor, dan juga dapat menghambat pertumbuhan virus HIV.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat jamur yang perlu anda ketahui:
  • Jamur Kandang atau Champignon Champignon adalah jenis jamur yang termasuk dalam kelompok jamur onkayu. Jamur ini memiliki  kandungan protein yang sangat tinggi, dan memiliki kandungan lemak  yang rendah. Selain itu champignon mengandung pula vitamin B2 (riboflavin), niasin, panthotenat, dan sejumlah mineral penting , seperti Natrium, kalium dan Selenium yang sangat baik bagi tubuh.

  • Jamur Tiram, manfaat dan khasiat Jamur tiram sangat banyak dan jamur jenis ini cukup mudah untuk dibudidayakan. Selain itu jamur tiram juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, kandungan protein yang terkandung dalam jamur tiram hingga 3,54% dari beratnya. itu artinya, protein yang terkandung di dalam jamur tiram dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan asparagus dan kubis. Dengan demikian jamur tiram dapat menjadi alternative untuk pengganti protein bagi anda yang vegetarian. Selain kandungan protein yang tinggi, jamur tiram juga mengandung berbagai macam Vitamin yang penting bagi tubuh sperti Vitamin B Vitamin C dan provitamin D. jamur tiram merupakan sumber mineral yang sangat baik bagi tubuh, seperti Kalium, kalsium, dan Magnesium mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh kita, baca Makanan yang mengandung mineral penting.  Berdasarkan hasil penelitian dari Research institute of  nutrition Bratislava tentang Natural products with hypolipemic and anti oxidant effect pada tahun 1999 diketahui bahwa penderita hyperlipoporoteinemia yang mengkonsumsi 10 gram jamur tiram secara teratur selama satu bulan kolestrol dan serumnya turun 12,6% .

  • Jamur shitake merupakan jamur kayu yang biasanya menempel pada kayu yang kering atau lapuk, jamur jenis ini biasanya banyak ditemukan di daerah Kalimantan Timur. menurut beberapa penelitian jamur jenis ini banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan karena mampu menghambat pertumbuhan tumor dan Virus HIV. Jamur jenis ini diketahui juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah karena aktivitas eritadenin. Bukan Cuma itu jamur jenis shitake ini jika dikonsumsi secara teratur diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan resiko penyakit kanker.
Demikian beberapa informasi seputar manfaat dan khasiat jamur,  bagaimana setelah anda tau manfaat jamur apakah anda tertarik untuk menambahkan jamur ke menu anda? Atau anda ingin membuat menu baru dari jamur? 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat dan khasiat jamur"