Tips menjaga kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu anugerah dari Allah yang tidak ternilai harganya, kesehatan lebih mahal dari jabatan, dan harta. Setiap orang pasti menginginkan yang namanya sehat dan terhindar dari penyakit. Karena salah satu sumber kebahagiaan adalah saat kita memiliki jasmani dan rohani yang sehat.

Tips menjaga kesehatan
Tips menjaga kesehatan
 sebenarnya sebagian besar kita tau betapa pentingnya kesehatan, akan tetapi terkadang kita kurang memperhatikannya karena berbagai alasan . kita  biasanya akan merasakan pentingnya kesehatan dan mulai membiasakan hidup sehat saat kita sakit. Jadi sebelum penyakit menghinggapi kita ada baiknya jika kita mulai dari sekarang menjaga kesehatan kita. Berikut beberapa Tips menjaga kesehatan yang bisa kita terapkan:

  1. Olahraga dengan teratur, mungkin anda sudah bosan mendengar kata olahraga karena setiap ahli kesehatan dan dokter pasti menganjurkan olahraga, belum lagi saat anda browsing di internet mencari cara mencegah penyakit jantung dianjurkan olahraga, menjaga berat badan disuruh olahraga, menurunkan kolestral disuruh olahraga lagi. Tapi memang tidak bisa kita pungkiri bahwa salah satu kunci kesehatan itu adalah olahraga, baca manfaat olahraga bagi tubuh kita. Jadi jika anda ingin memulai hidup sehat memang olahraga lah kuncinya.

  2. Perbanyak makan buah dan sayur, seperti halnya olahraga mengkonsumsi buah dan sayur merupakan suatu keharusan jika anda ingin memiliki tubuh sehat dan terbebas dari penyakit. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin yang sangat baik dan lengkap. 

  3. Tips  menjaga kesehatan yang selanjutnya adalah Istirahat yang cukup, istirahat merupakan komponen yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda dan banyak penyakit yang bisa ditimbulkan karena kurang istirahat mulai dari penyakit jantung dan stroke. Baca Dampak negatif kurang tidur

  4. Hindari makanan yang berlemak secara berlebihan, lemak yang menumpuk dalam tubuh sangat bahaya bagi kesehatan anda, oleh karena itu anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang anda konsumsi, hindari makanan yang manis seperti ice cream, donat, coklat dan makanan yang bersantan secara berlebihan.

  5. Hindari rokok dan minuman beralkohol, kita tau sangat banyak penyakit yang dapat ditimbulkan karena keduanya, dan meninggalkan keduanya merupakan suatu kewajiban jika anda ingin menjaga kesehatan anda. 

  6. Hindari makanan yang berpengawet dan mengandung pewarna kimia, sebaiknya anda harus hati-hati dengan makanan yang anda konsumsi karena sekarang banyak beredar makanan yang mengandung pewarna dan bahan kimia berbahaya. Hindari juga makanan instan dan anda dapat menggantinya dengan makanan yang anda buat sendiri dirumah, walaupun sedikit merepotkan tapi harus anda biasakan demi kesehatan anda.

  7. Cukupi kebutuhan nutrisi anda, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa beraktifitas sehari-hari dan melakukan berbagai kegiatan. Cukupi kebutuhan nutrisi anda dengan makanan yang mengandung mineral penting.

  8. Tips menjaga kesehatan yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan anda, biasanya penyakit akan hinggap ke tubuh anda saat anda kurang menjaga kebersihan  tubuh dan lingkungan anda, karena banyak penyakit yang disebabkan karena bakteri atau virus.

  9. Selalu berfikir positif, selalu optimis dan berfikir positif merupakan salah satu faktor yang cukup penting untuk menjaga kesehatan anda. Dengan berfikir positif maka anda akan terhindar dari stres.  

  10. Mendekatkan diri kepada Allah, sebagai umat yang beragama tentunya tidak ada cara yang terbaik dalam menghadapi setiap masalah kecuali mendekatkan diri kepada sang pencipta, tidak terkecuali juga untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan jiwa. Dengan kita mendekatkan diri kepada Allah maka kita akan lebih tenang.

  11. Sebisa mungkin hindari obat-obatan kimia dan pilihlah obat-obatan herbal, karena obat herbal umumnya tidak menimbulkan efek samping dan tentunya lebih aman.

  12. Cepat periksakan ke dokter saat anda punya gangguan kesehatan, jika anda merasa punya gangguan kesehatan maka jangan menunda-nunda untuk memeriksakan ke dokter, agar anda bisa lebih cepat dalam melakukan penanganan.

  13. Perbanyak minum air putih, air putih memiliki manfaat yang sangat banyak sekali bagi kesehatan seperti mencegah penyakit ginjal, melancarkan peredaran darah dan Menurunkan berat badan jadi anda harus banyak banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan anda
 Waah,,ternyata banyak juga ya yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita, pastinya repot juga jika harus menerapkan semua tips di atas, akan tetapi saya rasa setimpal  dengan hasil yang akan kita dapat mengingat pentingnya kesehatan. Semoga tips menjaga kesehatan di atas bermanfaat bagi pembaca. Amiin.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips menjaga kesehatan "

  1. Arikel nya sangat bermanfaat kak,,,, :)
    jangan Lupa baca juga artikel saya mengenai Menjaga Kesehatan disini
    http://diary-pricillia.blogspot.com/2013/06/tips-simple-menjaga-kesehatan.html

    Di tunggu Kunjungan balik dan Komentar nya :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak kunjungannya mbak, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. artikelnya bagus ijin copas gan jangan lupa juga kunjungi blog saya http://rere-pg.blogspot.com/ thanks gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya jangan dikopas mbak, ditulis ulang dengan bahasa mbak sendiri saja. karena jika kopas itu akan membuat blog mbak buruk di mata search engine. terimakasih sudah meluangkan waktu berkomentar.

      Hapus