Tips Mencegah stres

Ditengah himpitan hidup yang semakin keras memang memungkinkan seseorang untuk mengalami stres. Stres biasanya terjadi  akibat tidak mampunya seseorang dalam menghadapi masalah ataupun terlalu banyaknya masalah yang dia hadapi, sehingga membuatnya depresi. Sebenarnya stres dapat dicegah seandainya seseorang tersebut melakukan hal-hal  yang benar dan kegiatan yang positif. Stres merupakan penyakit yang menyerang  jiwa seseorang oleh sebab itu penyakit ini hanya dapat disembuhkan ataupun dicegah oleh orang tersebut, akan tetapi dukungan orang-orang disekitar dan lingkungannya juga merupakan faktor yang cukup penting untuk mencegah stres. Berikut Beberapa Tips Mencegah stres:


Tips Mencegah stres

  • Olahraga, olahraga merupakan kebiasaan yang sangat positif dan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Saat anda merasa stres atau tertekan cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga terutama dipagi hari, anda dapat mengajak teman, keluarga ataupun saudara untuk melakukannya agar lebih menyenangkan.

  • Hindari minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang, ingat sebesar-besarnya masalah yang anda hadapi jangan sampai anda mendekati ke dua barang haram tersebut.

  • Selalu berfikir positif, berfikir positif merupakan hal yang sangat bagus dan selalu dianjurkan dalam banyak hal. Dengan kita berfikir positif maka kita akan lebih optimis dan percaya diri dalam menghadapi setiap masalah yang  menimpa kita.

  • Hindari selalu menyendiri, cobalah untuk keluar bergaul bersama teman-teman anda dan membicarakan hal-hal yang positif. Menyendiri akan membuat anda semakin tertekan dan lebih besar beresiko mengalami stres.

  • Hindari perasaan was-was, perasaan was-was atau khawatir yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan mental dan jiwa anda. Was-was merupakan salah satu penyakit jiwa yang cukup meresahkan dan mengganggu si penderita. Jadi untuk mencegah stres sebaiknya anda segera mengobati penyakit was-was.

  • Kerjakan sholat dengan rutin, sholat merupakan tiang agama dan merupakan ibadah fardu yang sangat penting, jangan sekali-kali anda meninggalkannya untuk alasan apapun, ini bukan hanya sekedar  mencegah stres akan tetapi meninggalkan sholat merupakan suatu dosa yang sangat besar di sisi Allah shubhanahu wata’alla.

  • Hindari begadang, tidur  merupakan factor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda mulai dari kesehatan jasmani maupun  rohani, banyak hal yang negatif  yang bisa ditimbulkan akibat kurang tidur. Baca Dampak negatif kurang tidur

  • Selalu tebarkan senyuman, senyum merupakan suatu ekspresi diri yang menunjukkan kesenangan atau kebahagiaan. Senyum memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, senyum dapat menenangkan pikiran dan dapat merubah suasana hati kita. Oleh karena itu untuk mencegah stres ada baiknya bagi anda untuk selalu tersenyum walaupun kita sedang menghadapi masalah.

  • Konsumsi makanan/minuman  yang dapat menenangkan syaraf sperti coklat dan madu.

  • Sering-seringlah mendengarkan pengajian atau datang ke majelis ta’lim, dengan anda sering-sering menghadiri majelis ta’lim maka akan membuat anda lebih tenang sekaligus anda dapat mencari solusi untuk masalah anda.

  • Hindari marah yang berlebihan untuk mencegah stres, marah itu sebenarnya adalah hal yang wajar akan tetapi cobalah anda untuk mengendalikannya dan jangan berlebihan. Islam mengajarkan kita sebisa mungkin menghindari marah, kalaupun kita harus marah juga ada aturannya. Seperti saat kita marah sambil berdiri maka kita disuruh untuk duduk.

  • Selalu membicarakan masalah kepada orang lain, jangan pernah memendam masalah anda sendiri, cobalah untuk berdiskusi dengan keluarga ataupun teman dekat untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi

  • Selalu jalin silaturakhim, di dalam islam kita dianjurkan untuk menjalin silaturakhim dan sangat dilarang untuk memutuskan tali silaturakhim. Dengan anda sering-sering menjalin silaturakhim dengan orang lain maka anda akan semakin banyak teman dan mungkin mereka dapat membantu menyelesaikan masalah anda.

  • Yang terakhir cobalah sekali-kali berpetualang di hutan, mungkin untuk saran yang terakir ini agak sedikit aneh untuk mencegah stres. Tapi cobalah sekali-kali anda melihat alam terbuka dan menghirup udara segar.  saya rasa hutan menjadi tempat yang cocok. Akan tetapi anda juga harus memilih hutan mana yang bisa anda jelajahi jangan asal hutan saja, nanti ada binatang buasnya lagi. Hehe
Tips mencegah stres di atas kita semua juga sudah tau, akan tetapi apakah semua orang bisa melakukannya? Jika jawabannya tidak,  terus untuk apa kita tau jika kita tidak dapat melakukannya?  Jadi intinya adalah obat dari stres itu ada pada diri kita sendiri, karena stres berawal dari kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mencegah stres"

Posting Komentar