Cara menghilangkan stres yang efektif

Untuk menghilangkan stres memang bukanlah perkara yang mudah, karena memerlukan waktu dan juga dukungan dari orang-orang disekitar kita khsusunya keluarga. Biasanya stres  dapat timbul akibat tekanan dari dalam diri si penderita ataupun dari luar, dalam hal ini keluarga, teman dekat, ataupun lingkungan.  Pemicunya pun beragam mulai dari putus cinta, gagal dalam suatu usaha, ataupun penyakit yang tidak kunjung sembuh. 

Cara menghilangkan stres yang efektif


Selain itu stres juga dapat timbul akibat penyakit was-was ataupun rasa khawatir yang berlebihan yang membuatnya gelisah dan depresi. Stres memang merupakan penyakit batin atau penyakit yang timbulkan oleh factor internal, oleh sebab itu cara yang paling baik untuk menghilangkan stres adalah dari keiinginan si penderitanya, meskipun  demikian campur tangan dari orang lain juga diperlukan sebagai dorongan dan untuk mebantu dalam proses penyembuhan. Berikut beberapa cara menghilangkan stres yang efektif yang bisa anda lakukan:  
  • Yang pertama adalah mendekatkan diri kepada Allah,
 stres atau tekanan jiwa yang terjadi pada diri seseorang  biasanya akibat dari seseorang tersebut terlalu jauh dari Allah. Islam merupakan agama yang sangat sempurna yang telah mengajarkan  kita banyak hal, mulai dari sesuatu yang kecil sampai sesuatu yang besar, dalam menyelesaikan masalah pun islam telah memberikan rambu-rambu ataupun sebuah jalan keluar yang bisa ditempuh.

Islam juga memberikan kita sebuah harapan dimana hidup tidak semata-mata untuk dunia saja, melainkan ada akhirat di mana kita bisa mendapatkan kebahagian yang hakiki dan abadi jika kita mengerjakan apa yang telah diperintahkan oleh Allah dan menjauhi laranganNYA. inilah salah satu yang membuat seorang muslim bisa lebih kuat dalam menghadapi masalah dan tidak mudah mengalami stres. Karena mereka memiliki kepercayaan yang kuat akan pertolongan dari Allah dan harapan yang pasti tentang kehidupan akhirat. ini tentunya sangat jauh berbeda dengan orang-orang yang tidak memiliki pegangan agama yang kuat/ jauh dari Allah, dimana mereka merasa tidak ada yang akan menolong mereka untuk menyelesaikan masalahnya, dan mereka pun juga tidak ada harapan untuk kehidupan akhirat, harapan satu-satunya yang mereka perjuangkan hanyalah kehidupan dunia saja. inilah yang membuat orang-orang yang  jauh dari Allah lebih rentan mengalami stres.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak memiliki agama atau atheis lebih besar resiko mengalami tekanan jiwa atau stres. Hal ini terjadi karena dia merasa tidak ada yang akan menolongnya dari permasalahan yang sedang dia hadapi. Untuk itulah dengan kita mendekatkan diri kepada Allah maka kita akan merasa tenang dan lebih percaya diri dalam menghadpi masalah, karena kita yakin bahwa Allah akan selalu melindungi kita.   
  • Berusaha untuk mencari jalan keluar dari permasalahan kita
 stres sangat erat kaitannya dengan permasalahan yang menghimpit seseorang. Masalah yang tidak kunjung selesai dan dibiarkan  berlarut-larut merupakan faktor utama pemicu stres. Jadi cara yang baik untuk mengobati stres adalah segera mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang kita hadapi.  
  • Jangan menyelesaikan masalah sendiri
cobalah untuk melibatkan seseorang dalam menyelasaikan masalah kita, ingat hanya “untuk membantu menyelesaikan masalah kita “ bukan melibatkan seseorang ke dalam masalah kita ^_^.  Dalam hal ini kita dapat meminta pendapat keluarga ataupun teman dekat kita untuk musyawarah dan mencari jalan keluar dari permasalahan kita. Jadi peran keluarga  sangat lah penting untuk menghilangkan stres.  
  • Refreshing
sekali-kali anda dapat melakukan hal positif yang dapat membuat anda lebih tenang dan rileks. mungkin anda dapat berlibur  atau jalan-jalan bersama  keluarga ataupun teman anda. Refreshing memiliki efek yang sangat positif untuk menghilangkan stres dan kejenuhan setelah anda beraktifitas seharian.  
  • Curhat dengan keluarga ataupun teman anda
Curhat juga adalah salah satu faktor yang cukup penting untuk menghilangkan stres, karena dengan curhat anda dapat membicarakan atau mencurahkan isi hati anda dan semua permasalahan yang anda hadapi. Akan tetapi dalam hal curhat ini sebaiknya anda juga harus memilih orang yang tepat dan dapat dipercaya. karena pastinya anda tidak ingin kan kalau rahasia anda disebarkan kepada orang lain. 
  • Berolahraga
Olahraga memang merupakan salah satu kewajiban yang harus anda lakukan jika anda ingin memiliki jasmani dan rohani yang sehat.  Berolahraga selain dapat mengobati stres juga merupakan cara untuk mencegah stres. Dengan berolahraga khususnya pada pagi hari akan membuat anda lebih rileks dan sebagai self therapy untuk menghilangkan stres. 
Pada hakikatnya setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya, dan tugas kita adalah mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Demikian beberapa cara menghilangkan stres yang efektif yang bisa saya bagi, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Terapkan hidup sehat dan selalu berfikir positif.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menghilangkan stres yang efektif"

Posting Komentar