Home » » Cara menghilangkan trauma dari diri sendiri

Cara menghilangkan trauma dari diri sendiri


Cara menghilangkan trauma
Cara menghilangkan trauma
Trauma biasanya terjadi pada diri seseorang saat dia pernah mengalami suatu masa lalu atau pengalaman yang buruk,  sehingga sulit  terlupakan dan terus teringat saat dia ingin melakukan sesuatu yang ada hubungannya dengan traumanya tersebut.  

Menghilangkan trauma bukanlah suatu perkara yang mudah karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi itu juga tergantung seberapa parah tingkat trauma yang diderita oleh orang tersebut. Perasaan trauma kadang cukup mempengaruhi kepribadian dan hubungan sosial seseorang, dimana biasanya orang yang mengalami trauma lebih suka menyendiri dan kurang bergaul.  Untuk jenis trauma berat mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama dan penanganan dari ahlinya untuk proses penyembuhannya, akan tetapi sebenarnya anda dapat menghilangkannya sendiri asalkan ada kemauan yang kuat dari diri anda. Beberapa orang biasanya berebeda-beda tingkat penyembuhannya terhadap trauma yang dialaminya. Mungkin sebagian orang bisa dengan cepat menghilangkan perasaan taruma yang dideritanya  asalakan dia tau cara untuk mengobatinya. Beberapa hal yang dapat memicu trauma:

Yang pertama adalah Perlakuan orang lain, dalam hal ini meliputi Kekerasan,  pelecehan s*xsual  dan penganiayaan. Trauma yang disebabkan oleh perlakuan orang lain tersebut biasanya akan  sulit untuk dihilangkan, selain itu trauma karena hal-hal tersebut bahkan bisa membuat si penderita merasa depresi dan stres jika tingkat traumanya parah.  Biasanya Trauma yang berhubungan dengan Perlakuan orang lain ini akan membuat si penderita lebih takut bila bertemu dengan orang asing dan lebih suka menyendiri.  Jadi trauma yang seperti ini harus benar-benar membutuhkan dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat untuk membantu proses penyembuhan.

Yang kedua adalah Trauma  karena sebuah insiden/kecelakaan, trauma yang disebabkan suatu kecelakaan ataupun sebuah insiden biasanya akan membuat si penderita mengalami perasaan was-was atau khawatir saat ingin melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kejadian tersebut. Dia akan menghindar dan memilih untuk tidak melakukannya karena dia takut akan terjadi hal yang sama seperti yang dialaminya. Contohnya  saat seseorang naik sepeda motor kemudian  dia jatuh dari motornya, maka setelah itu dia tidak berani lagi untuk mengendarai sepeda motor lagi, jika itu terjadi tidak dalam waktu yang lama alias dia tidak berani mengendarai motor untuk beberapa saat saja maka itu merupakan sesuatu yang wajar dan masih belum bisa dikatakan trauma, akan tetapi jika itu berlansung dalam jangka waktu yang lama atau bahkan seumur hidup dia tidak mau mengendarai sepeda motor lagi maka itu bisa disebut trauma dan membutuhkan penanganan.

Secara umum memang  trauma jenis ini  relatif mudah dihilangkan dan tidak mengganggu kondisi psikisnya. Akan tetapi kita tetap tidak boleh mengabaikannya, Karena memang setiap orang memiliki tingkat kepekaan sendiri-sendiri terhadap suatu masalah atupun kejadian yang menimpanya.
Beberapa tips dan Cara menghilangkan  trauma:
  • Alihkan pikiran anda, Berusahalah  untuk menghilangkan pikiran yang berhubungan dengan perasaan trauma anda, mungkin anda dapat mengalihkan  pikiran anda ke hal yang lain.

  • Lawan rasa takut anda, mungkin ini lebih mudah diucapkan oleh orang normal  tapi sangat sulit untuk dilakukan bagi  yang mengalami trauma tersebut. Akan tetapi memang anda tidak punya pilihan lain selain melakukannya. Dengan anda melawan rasa takut anda maka insya Allah anda tidak lagi dihantui oleh perasaan trauma.

  • Selalu berfikir positif, hilangkan perasaan khawatir dan was-was dalam diri anda dan cobalah untuk selalu berfikir positif saat melakukan hal  yang berhubungan dengan sesuatu yang membuat anda trauma. Ini kan membuat anda lebih nyaman dan rileks dan juga dapat menghilangkan trauma.

  • Tawakal, trauma sebenarnya merupakan sesuatu yang wajar dialami seseorang saat dia mengalami pengalaman yang pahit atau peristiwa yang membahayakan  dirinya, akan tetapi kita juga harus sadar bahwa semua peristiwa itu sudah diatur oleh Allah subhanahu wata’alla. Jadi kita tidak harus takut terlalu berlebihan, yang penting kita sudah mengusahakan sebaik mungkin apa yang sudah kita bisa dan hasilnya kita serahkan kepada Allah.

  • Berod’a dan memohon perlindungan kepada Allah, Berdo’a memang memberikan efek yang sangat baik sekali bagi kesehatan jiwa seseorang. Dengan kita berdo’a maka kita akan merasa tenang dan percaya diri dengan apa yang akan kita lakukan.
Saat anda ingin menghilangkan trauma, itu artinya anda sedang melawan diri anda sendiri jadi hanya andalah yang dapat menghilangkan perasaan trauma tersebut, tentunya dengan pertolongan dari Allah. Insya Allah jika anda dapat melakukan beberapa tips di atas maka anda akan dapat menghilangkan trauma yang anda alami. Beberapa tips di atas kelihatannya cukup mudah akan tetapi mungkin tidak semudah yang anda bayangkan terutama bagi anda yang mengalami trauma. Ingat!! Praktek selalu lebih sulit dari pada teori. Demikian beberapa cara menghilangkan trauma yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat.

1 comments:

Text Widget

Subscribe Box

Contact

Nama

Email *

Pesan *

Google+ Followers

Diberdayakan oleh Blogger.