Tips menjaga kesehatan pencernaan anda

Menjaga kesehatan pencernaan merupakan suatu keharusan jika kita ingin memiliki tubuh yang sehat, karena Banyak penyakit yang disebabkan oleh gangguan pencernaan akibat dari pola makan yang salah dan kebiasaan  buruk yang tanpa kita sadari dapat mengganggu pencernaan kita. Penyakit seperti maag dan tipes merupakan beberapa penyakit yang sering muncul akibat dari kurangnya kepedulian seseorang untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Untuk itu mulailah untuk memperhatikan sekecil apapun itu yang dapat mengakibatkan penyakit dan harus kita hindari. Beberapa tips di bawah ini Insya Allah dapat menjaga kesehatan pencernaan anda.

Tips menjaga kesehatan pencernaan
Tips menjaga kesehatan pencernaan
  • Memilih makanan yang mudah dicerna, untuk menjaga kesehatan pencernaan,  cobalah untuk  memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Pilihlah makanan yang mudah dicerna dan tidak memberatkan kerja lambung anda.  

  • Cukupi kebutuhan serat anda, untuk menjaga kesehatan pencernaan anda,  yang harus benar-benar diperhatikan adalah kebutuhan serat harus tercukupi, pilihlah makanan yang baik untuk pencernaan anda dan kaya akan kandunga serat seperti  kentang, jagung, dan alpukat.

  • Perhatikan saat anda mengunyah makanan, hal  yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah saat anda mengunyah makanan, pastikan anda mengunyahnya dengan benar dan selumat mungkin, makanan yang dikunyah dengan lumat akan memudahkan usus untuk mencernanya.

  • Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan seperti Apel, pepaya dan pisang. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi dan mudah untuk dicerna oleh usus anda. Selain itu buah dan sayur meruapakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

  • Kurangi nasi dan ganti dengan gandum, gandum memang memiliki serat yang tinggi dan kadar gula yang rendah yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Selain itu gandum juga dapat anda jadikan sebagai makanan untuk diet yang mengenyangkan dan sehat.

  • Jaga kebersiahan makanan dan lingkungan anda. Masalah pencernaan biasanya sering dialami akibat dari bakteri atau kuman dalam makanan atau lingkungan yang tanpa kita sadari membawa dampak yang buruk bagi kesehatan pencernaan anda. Selain itu menjaga kebersihan lingkungan merupaan salah satu upaya kita untuk menerapkan hidup sehat karena  Kebersihan adalah sebagian dari kesehatan.

  • Makan dengan teratur, tidak teraturnya jadwal makan selain dapat mengakibatkan penyakit maag juga akan berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan anda. Oleh sebab itu anda harus benar-benar memperhatikan jadwal makan anda.

  • Perbanyak mengkonsumsi air putih, minum air putih adalah salah satu cara yang sangat mudah untuk menjaga kseahatan, akan tetapi sering dilalaikan oleh orang, padahal kita tau bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan hanya dengan meminum air putih. Jika ingin menjaga kesehatan pencernaan anda dan terhindari dari berbagai macam penyakit seperti penyakit ginjal, diabetes dan penyakit jantung maka anda harus rajin untuk minum air putih.

  • Memilih menu sarapan yang ringan dan relatif mudah dicerna, saat pagi tubuh biasanya  masih belum bekerja dengan seratus persen termasuk lambung dan usus, oleh sebab itu anda  sebaiknya memilih makanan yang ringan dan lembek seperti bubur, oat meal, dan roti gandum, untuk memudahkan usus anda untuk mencerna makanan.
Demikian beberapa tips  yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Jangan pernah meremehkan hal sekecil apapun terutama yang menyangkut kesehatan, karena sehat itu mahal.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips menjaga kesehatan pencernaan anda"

  1. Hmm, sipp broo .. thanks lho sudah di share :)
    http://goo.gl/Ziwnal

    BalasHapus