Tips menjaga kesehatan jantung kita

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting sekali dan memilki peran yang sangat banyak bagi tubuh, rusaknya jantung akan mempengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan.  Oleh sebab itulah kita harus benar-benar memperhatikan dan menjaga kesehatan jantung kita. Di bawah ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan jantung anda:

Tips menjaga kesehatan jantung kita
  • Brolahraga dengan teratur, olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tidak terkecuali bagi jantung anda. Selain membuat kita lebih fit dan dan bertenaga olahraga juga dapat memaksimalkan kerja organ-oragan vital dalam tubuh termasuk memperkuat fungsi jantung.  Olahraga seperti berenang dan berjalan kaki sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung dan memperkuat fungsi jantung.

  • Hindari rokok, kita tau bahwa rokok memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan, di dalam bungkus rokok saja ada peringatan “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung dan hipertansi”  kalau  ingin menjaga kesehatan jantung anda dan masih ingin hidup lebih lama lagi maka hindari rokok.

  • Hindari stres, kebanyakan penyakit luar diakibatkan oleh penyakit dalam seperti stres dan depresi.  Stres merupakan salah satu penyebab penyakit jantung selain pola makan dan kebiasaan buruk lainnya, untuk itu anda harus benar-benar menjaga kondisi anda agar tetap sehat fisik dan mental anda untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Hindari mengkonsumsi obat kuat, Obat kuat berperan sebagai perangsang jantung yang membuat detak jantung anda semakin cepat, tentunya hal ini akan memperberat kerja jantung . bagi laki-laki yang ingin terlihat perkasa di ranjang dan ingin memuaskan istrinya sebenarnya tidak perlu mengkonsumsi obat kuat, karena saat kondisi anda normal dan tidak punya masalah kesehatan insya Allah semua orang bisa melakukannya.

  • Hindari makanan yang mengandung minyak  secara berlebihan, makanan yang mengandung banyak minyak  sangat tidak baik bagi kesehatan jantung anda. Untuk itu anda harus menghindari  atau paling tidak mengurangi makanan seperti goreng-gorengan atau makanan yang digoreng lainnya.

  • Konsumsi cukup buah dan sayur, buah dan sayur mengandung tinggi  antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung anda. Selain itu buah dan sayur juga mengandung tinggi vitamin yang sangat baik untuk kesehatan anda, maka dari itu anda harus membiasakan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin.

  • Hindari minuman beralkohol,  minuman beralkohol sangat buruk pengaruhnya bagi kesehatan jantung anda, selain itu minuman beralkohol juga memberikan efek yang tidak baik bagi organ-organ vital dalam tubuh anda seperti hati dan ginjal.

  • Cukupi kebutuhan tidur anda, tidur memang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan anda, karena sangat banyak penyakit yang dapat muncul akibat kurangnya waktu tidur. Seperti halnya mesin jantung  juga memerlukan waktu untuk istirahat dan saat tidurlah merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan jantung anda. Saat anda kurang tidur maka akan membuat kerja jantung anda semakin berat. Secara umum orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 6-7 jam perhari untuk dapat memaksimalkan kerja organ-organ dalam tubuh dan mengembalikan tenaga, selain itu saat anda tertidur maka tubuh akan mengeluarkan racun atau zat-zat yang tidak diperlukan.

  • Hindari minuman bersoda, memang antara minuman bersoda dan penyakit jantung tidak ada hubungannya secara langsung, akan tetapi  perlu kita ketahuai bahwa minuman bersoda merupakan salah satu pemicu penyakit diabetes dan penyakit jantung koroner juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes.
Hidup merupakan sebuah pilihan dan kita lah yang akan menentukan pilihan kita, jadi jika kita ingin memilih  hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit maka kita harus menerapkan hidup sehat mulai dari sekarang, tapi jika kita acuh dan tidak peduli dengan kesehatan kita maka kita juga yang akan menanggung akibatnya. Demikian beberapa tips menjaga kesehatan jantung kita. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips menjaga kesehatan jantung kita"

  1. Makasih buat artikelnya bagus dan bermanfaat
    Kunjungi juga www.smartkiosku..com

    BalasHapus